Tips Agar Betah di Kantor

December 5, 2010 bundanyra

1. Hubungan dengan rekan sekantor

Hubungan sosial di lingkungan kerja sangat berpengaruh pada kenyamanan Anda di kantor. Hubungan yang akrab danYoung business people are working in office kompak membuat suasana kerja sangat menyenangkan. Kondisi ini tentu membuat Anda betah bukan? Coba saja Anda bayangkan bagaimana rasanya jika bekerja dalam suasana yang penuh ketegangan. Hubungan yang “dingin” dan saling menjelekkan satu sama lain tentu membuat Anda tidak nyaman dan “gerah”. Akibatnya gairah kerja pun menurun. Hal ini sudah pasti akan memengaruhi kualitas kerja Anda.

2. Hubungan dengan pimpinan

Hubungan antara Anda dan bos juga memengaruhi betah atau tidaknya Anda di kantor. Hubungan yang tidak harmonis dengan bos akan membuat pikiran Anda terganggu dan senantiasa berpikir untuk mencari “peluang” baru. Sebaliknya, jika Anda dan bos Anda menjadi tim yang kompak dan solid rasanya sulit juga menemukan hubungan yang hangat seperti ini di tempat lain.

3. Kesempatan untuk maju karir

Adanya jenjang karier yang menarik di tempat Anda bekerja akan membuat Anda berpikir untuk mencapai jenjang tersebut. Ini tentu saja akan membuat Anda berpikir seribu kali untuk hengkang ke tempat lain. Paling tidak, Anda memiliki semangat untuk mencapai jenjang itu.

4. Gaji

Hal yang satu ini bukan rahasia lagi dalam menentukan seseorang bisa bertahan atau tidak di suatu perusahaan. Gaji yang memuaskan plus jaminan kesejahteraan yang oke biasanya membuat karyawan “ogah” mencari peluang di tempat lain.

5. Jatuh cinta di kantor

Hal ini cuma bisa dirasakan bagi yang pernah mengalaminya. Coba deh tanya sama mereka yang pernah naksir lawan jenis di kantor. Rata-rata mereka mengatakan hal ini bisa menambah semangat dan gairah kerja. Umumnya mereka betah berlama-lama di kantor karena bisa lebih lama melihat sosok rekan yang ditaksir. Sepanjang tidak mengurangi kualitas kerja tentu saja tidak masalah. Bukankah jatuh cinta adalah hal yang sangat manusiawi, termasuk pada rekan sekantor?

6. Ruangan dan fasilitas

Ruangan yang sejuk dan nyaman serta fasilitas yang lengkap juga merupakan salah satu kondisi yang membuat Andaruang-kerja-nyaman betah. Coba saja bayangkan, bagaimana rasanya bekerja di ruangan yang “sumpek” dan panas, pasti Anda merasa tidak nyaman bukan? Kondisi ini semakin tidak menyenangkan jika fasilitas kerja seperti komputer, mesin foto kopi, dan fasilitas lain sering “ngadat”. Memang, suasana dan kondisi di kantor cukup memengaruhi tingkat kebetahan Anda di dalamnya. Tapi hal satu sama lain juga saling berkaitan, misalnya, gaji besar saja tidak cukup untuk membuat Anda betah di kantor jika tidak didukung oleh hubungan yang “asyik” dengan bos dan rekan-rekan sekantor. Namun, hal-hal di atas juga tidak bisa dijadikan patokan mutlak untuk menentukan Anda betah atau tidak. Semua kembali lagi pada diri Anda. Jika Anda merasa tidak ada situasi yang membuat Anda nyaman, maka jangan buru-buru berpikir untuk “cabut”. Carilah sumber ketidaknyamanan itu. Siapa tahu ketidaknyamanan itu justru bersumber dari dalam diri Anda sendiri…!

Sumber: Diksi, Bekerja itu Bahagia, hal 125-128

Entry Filed under: Pekerjaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

December 2010
M T W T F S S
« Oct    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Most Recent Posts

 
%d bloggers like this: